REGULATING MEDIA CONTENT
21:36
Oleh:
Qatrunnada Nadhifah (1506720684)
Viesa Zalsiah (1506755662)
Geraldy Justin Caesar (1506686204)
Qatrunnada Nadhifah (1506720684)
Viesa Zalsiah (1506755662)
Geraldy Justin Caesar (1506686204)
Amalia Mahdini (1506686034)
Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu media mainstream yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia, yaitu televisi. Seperti yang kita ketahui bersama, tayangan program televisi semakin beragam setiap harinya. Masing-masing program memiliki jenis, tujuan, maupun target pemirsanya yang pastinya berbeda-beda. Hal ini terjadi karena adanya konvergensi media, dimana konten tersebut disesuaikan dengan media lainnya yang mempengaruhi televisi, apakah konten televisi tersebut dapat ditampilkan dalam media lainnya serta sebaliknya. Adanya konvergensi ini yang menyebabkan industri penyiaran memiliki cakupan yang borderless, sehingga diperlukan adanya perubahan regulasi baru serta penyesuaian. Penyesuaian didukung dengan norma yang berlaku, serta permintaan masyarakat tentang apa yang ingin dikonsumsi.
Salah satu contohnya dalam konvergensi media ialah Video on Demand (VoD), yang mana mengkonvergensi telekomunikasi (internet) dengan penyiaran. Melalui VoD, masyarakat dapat menentukan secara aktif apa yang ingin dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri. Selain itu, konten-konten tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen itu sendiri, seperti dari kategori usia, maupun preferensi. Salah satu contoh penggunaan VoD adalah seorang ibu rumah tangga menentukan tayangan yang cocok untuk anak-anaknya yang masih dibawah umur, sehingga sesuai dengan nilai yang diharapkan orangtua terhadap anaknya.
![]() |
Sumber: http://www.kpi.go.id |
Karena itulah, masyarakat perlu sadar akan perubahan regulasi konten media, dan mendukung secara aktif penyesuaian baru ini. Untuk itulah, masyarakat sekaligus lembaga independen Pemerintah seperti KPI, perlu melakukan kerjasama untuk terlibat secara aktif dalam pengawasan konten yang beredar secara luas dalam penyiaran.
"Consumers are expected to play a much more active role in determining what content is appropriate for their families."
"The very groups who are also working to impose those ideological norms onto mainstream media through governmental regulation of media content. " - Henry Jenkins
Referensi:
Jenkins, Henry. 2004. The Cultural Logic of Media Convergence. International journal of Cultural studies. Vol.7, p(33-34).
0 comments